Sebanyak 108 remaja penyandang disabilitas telah mengikuti serangkaian pelatihan Information technology (IT) yang dilaksanakan pada awal bulan Mei sampai Juni secara online. Mereka mendapatkan materi pelatihan dalam bentuk eLearning, tugas-tugas dan pendampingan dari tim trainer BPD YPAC melalui Google Classroom dan Zoom Meeting. 

Liga Nasional pada tahun 2023 ini dilakukan secara hybrid diadakan di kantor pusat YPAC dan secara online, didesain seperti kompetisi Global IT Challenge (GITC) 2022. hal tersebut dilakukan oleh panitia agar peserta bisa merasakan atmosfer sebuah kompetisi IT yang dilakukan secara real time.

Jumlah peserta yang dinyatakan bisa mengikuti kompetisi Liga Nasional 2023 ada 49 orang dari berbagai jenis disabilitas, baik disabilitas penglihatan, disabilitas pendengaran, disabilitas fisik dan disabilitas mental dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Jenis lomba pada Liga Nasional masih sama seperti tahun lalu, yaitu eTool Excel, eTool powerpoint, eLifemap, eContent, eCreative Smart Car hanya yang membedakan tahun ini ada peserta yang mengikuti lomba eCreative IoT. 

Dalam pelaksanaan Liga Nasional tahun ini masih ada hambatan yang sempat kami alami misalnya, perbedaan zona waktu. Tahun ini peserta berasal dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia, mereka memiliki perbedaan waktu seperti WIB untuk jawa, WITA untuk bali dan WIT untuk papua. sehingga mengatur waktu pelaksanaan lomba memerlukan ketelitian. Tujuan kami adalah memastikan semua peserta dari berbagai wilayah bisa mengikuti lomba menggunakan waktu sesuai daerahnya.

21 Juni 2023 Liga Nasional selesai diadakan dengan lancar dan melalui proses penilaian tim juri. 38 peserta dinyatakan lolos dan bisa mengikuti preliminary round GITC 2023. ada pun para peserta ini mengikuti berbagai jenis lomba dari eTool Excel, eTool powerpoint, eLifemap, eContent, eCreative Smart Car dan eCreative IoT. Mereka adalah wakil Indonesia untuk menjadi juara di kompetisi IT Internasional GITC 2023.

Bagikan informasi ini

Comments

comments

Author: Digiroom

Editor dari Divisi Data dan Teknologi Informasi.

View all posts by Digiroom >