Melalui beberapa kali proses penyisihan, baik yang diadakan secara nasional maupun internasional, akhirnya 320 remaja penyandang disabilitas dari 16 negara berhasil mencapai babak final Global IT Challenge (GITC) yang diadakan pada 15-16 November tahun 2022.

Disiarkan dari Korea

Diwakili oleh 29 remaja berbakat dari berbagai provinsi, tim Indonesia bersaing secara sportif dalam kompetisi IT internasional ini. kami mengikuti perlombaan eTool excel, eTool powerpoint, eLifeMap, eContents, dan eCreative smart car. Dengan dukungan dari orangtua, guru, pengurus dan trainer YPAC Nasional, dan trainer BPPTIK Kominfo, 6 remaja tim Indonesia berhasil mendapatkan juara di berbagai perlombaan !

Juara yang tim Indonesia dapatkan, diataranya adalah :

  • Abiyu sebagai juara 1 eTool PowerPoint dan Super Challenger Award
  • Ibnu sebagai juara 3 eTool PowerPoint dan Juara 2 eCreative Smart Car
  • Tegar sebagai juara 1 eLifemap
  • Fedya sebagai juara 3 eLifemap
  • Rizky sebagai juara 2 eCeative Smart Car
  • Faris sebagai juara 3 eCreative Smart Car

Dibawah ini adalah cerita mereka selama mengikuti proses pelatihan sampai menjadi juara:

Selama saya lomba, saya merasa senang dapat berbincang dengan para pesaing lain. Saya membicarakan banyak hal seperti meme, game, dan lain-lain yang tidak biasanya saya bicarakan dengan teman saya karena mereka biasa-nya tidak mengerti. Terkadang saya juga berbincang dan memberitahu hal-hal tambahan yang dapat membantu teman-teman kominfo ketika lomba nanti pada saat pelatihan.

Saya juga ingin menambah, bahwa saya jadi merasa lebih yakin akan kemampuan saya dalam melakukan hal-hal IT setelah melakukan pelatihan dan memenangkan perlombaan. Tetapi itu hanyalah keyakinannya saya, saya akan mencoba mencapai Global IT Leader untuk membuktikan sepenuhnya bahwa saya bisa melakukan IT – Abiyu

Pengalaman saya selama mengikuti pelatihan dan kompetensi GITC tahun 2022, kegiatan ini membantu saya dalam mengasah bakat kemampuan saya di bidang komputer IT. saya merasa sangat terbantu dengan mengikuti pelatihan sebelum di adakannya kompetensi sehingga dapat menambah ilmu dan pengetahuan saya tentang komputer IT.

Saya mencoba mengikuti GITC 2022 karena saya ingin menambah pengalaman dan ilmu-ilmu baru, jika bingung atau merasa sulit jangan sungkan dan berani tanya kepada pembimbing supaya tidak ketinggalan, dan alhamdulillah semua nya berjalan lancar sehingga saya dapat menyelesaikan kompetensi dengan baik dan memperoleh hasil juara, semua berkat doa dan dukungan dr semua kalangan terdekat saya – Ibnu

Global IT Challenge merupakan pengalaman menarik untuk saya, saya sempat meremehkan dan berpikir bahwa eLifeMap, cabang yang saya ikuti akan mudah, tetapi ternyata menantang, saya bekerja sekeras yang saya bisa untuk mengerjakan soal-soal yang diberikan, dari Preliminary sampai Final saya tidak menyerah.

Saya juga berterimakasih kepada pelatihan yang diberikan kepada peserta-peserta, oleh karena pelatihan itu saya tambah mengerti lewat materi yang diberikan, dan mereka yang menyampaikan pelatihan itu menjelaskan materi dengan jelas juga dan itu membantu saya tambah mengerti cabang ini. Mengikuti Global IT Challenge ini merupakan pengalaman yang mengandung tantangan yang pada akhirnya, itu semua sepadan – Tegar

Global IT challenge adalah kompetisi it pertama, yang saya ikuti.Dari awal mendaftar, saya sudah mantap dengan mata lomba elifemap. Ini adalah lomba adu cepat tepat, dalam melakukan googling.

Syukurnya, saya yang masih beginner ini, mendapatkan pelatihan yang tepat, Mulai dari pra liga nasional, kami, selaku peserta GITC, dibimbing oleh tutor yang sangat pengertian. Mulai dari Pengenalan, Pembahasaan, hingga penerapanya, sangat aksesibel.Terutama, pelatihan sebelum final round.

Kami diberikan 2 hari kelas, dengan sesi pagi, hingga sore.Ini sangat membantu. Terlebih untuk saya, yang akhirya jadi banyak tahu, tentang browsing.Aku tidak menemukan perbedaan yang signifikan dari liga nasional, hingga final round.

Serunya, bila kamu sudah lolos dari liga nasional, kamu akan menemukan forum bincang online dengan peserta lomba lain. wups, sudah dulu ya – Fedya

Pengalaman saya sangat senang mengikuti pelatihan hingga kompetensi Global IT Challenge 2022, kegiatan ini sangat membantu dan meningkatkan kemampuan saya di bidang komputer IT. Saya sangat senang juga dengan mengikuti pelatihan sebelum di adakannya kompetensi Global IT Challenge yaitu National League, Preliminary Round dan Final Round sehingga mendapatkan ilmu dan pengetahuan hal yang dapat dilakukan dengan baik dalam komputer IT.

Saya mencoba mengikuti Global IT Challenge 2022 untuk mencari pengalaman dan ilmu baru karena tantangan itu sangat seru, jika ada yang bingung jangan panik langsung tanya kepada pembimbing agar tidak ketinggalan, dan alhamdulillah semuanya berjalan baik. Saya bisa menyelesaikan kompetensi dengan baik dan berhasil juara, semua berkat doa dan kasih support dari semua keluarga dan siapapun terdekat saya terimakasih. – Rizky

Selama saya mengikuti pelatihan dan kompetisi GITC, saya merasa tertantang dengan sesuatu yang baru yang memberikan saya pengalaman baru yang tidak ditemukan di sekolah formal. Selain itu saya merasa sangat senang ketika lomba bisa berkompetisi dengan negara negara lain walaupun masih secara online. Semoga ke depan masih ada kesempatan untuk ikut lagi dan bisa dilaksanakan secara offline sehingga bisa semangat lagi untuk mengikuti. – Faris

Melalui Digiroom YPAC, kami berkomitmen untuk mendidik dan meningkatkan kemampuan remaja penyandang disabilitas khususnya dibidang IT. Pelatihan yang kami adakan pada saat GITC bebas biaya (free). namun apabila ingin mempelajari sebelum event GITC bisa mengunjungi dan mendaftar di kelas pelatihan kami secara daring di https://digiroom.ypac-nasional.org .

 

Bagikan informasi ini

Comments

comments

Author: Digiroom

Editor dari Divisi Data dan Teknologi Informasi.

View all posts by Digiroom >